Cari Blog Ini

Rabu, 14 Juli 2010

ATASI DEPRESI

Tujuh Langkah Atasi Depresi Membandel
Penulis : Ikarowina Tarigan


PUTUS asa karena pengobatan depresi yang Anda coba tidak efektif? Jangan menyerah. Sekitar 75 persen penderita depresi tidak terbantu dengan antidepressant (obat antidepresi) yang mereka coba. Cobalah berkonsultasi dengan dokter untuk melihat penanganan lainnya. Berikut beberapa cara yang bisa menjadi pilihan Anda.

Terapi bicara
Berbicara dengan ahli kesehatan mental bisa membantu Anda menetapkan tujuan, mengatasi masalah, dan tetap fokus pada pengobatan medis yang Anda gunakan untuk mengatasi depresi. Pada sebagian besar penderita depresi kronis, seperti diuraikan di situs webmd.com, terapi bicara merupakan bagian penting dalam proses penyembuhan. Mintalah dokter untuk membantu menemukan terapis yang bisa bekerja sama dengan Anda dan dokter Anda.

Konseling pastoral dan spiritual
Banyak orang yang menemukan kenyamanan dengan menjadi bagian sebuah komunitas spiritual. Cobalah berbicara dengan penasehat spiritual Anda. Orang-orang ini seringkali mengenal Anda dan keluarga Anda sebagai individu. Dan penasehat ini bisa membantu Anda menjelaskan hal-hal yang penting untuk Anda. Selain itu, mereka juga bisa membantu Anda memahami peran Anda dalam masyarakat.

Cobalah menjadi sukarelawan
Depresi cenderung mendorong Anda mengasingkan diri. Dan saat memisahkan diri dari masyarakat, perasaan tidak berarti dalam diri Anda akan semakin membesar.Menjadi sukarelawan merupakan penangkal yang sempurna. Cara ini akan membuat Anda sibuk sehingga bisa mengalihkan fokus keluar dari diri Anda. Pada saat yang sama, cara ini membuat Anda merasa nyaman dengan diri Anda. Carilah sesuatu yang menurut Anda berharga. Kemudian tawarkan bantuan.

Biarkan keluarga membantu
Depresi membebani Anda dan keluarga. Tapi jangan lupa, mereka tidak bisa membantu jika Anda tidak mengijinkan. Jika Anda membagi perasaan, Anda telah membuka komunikasi dengan orang yang Anda cintai. Biarkan mereka membantu saat mereka bisa. Selain itu, ada baiknya mempertimbangkan konseling pasangan atau keluarga. Biarkan keluarga Anda tahu bahwa mereka penting dalam kehidupan Anda.

Buat rencana menyenangkan
Anda tidak selalu mengerjakan hal-hal yang membuat Anda gembira. Tapi, merencanakan aktivitas menyenangkan untuk setiap harinya bisa membantu Anda melawan depresi. Setiap siang, duduk dan tuliskan daftar apa yang Anda inginkan di hari berikutnya. Kemudian tambahan apa yang perlu Anda lakukan untuk orang lain. Review rencana Anda di penghujung hari. Perhatikan apa yang Anda rasakan setelah melakukan hal-hal yang Anda sukai.

Olahraga, obat alami
Olahraga efektif meredakan depresi. Respon fisik tubuh Anda terhadap olahraga pada dasarnya akan memperbaiki suasana hati. Hal ini karena olahraga membuat otak melepaskan endorfin. Zat kimia ini menstimulasi perasaan positif. Tidak masalah jenis olahraga yang Anda lakukan. Temukan aktivitas yang Anda nikmati dan mulailah bergerak.

Dukungan dari orang yang mengerti
Cobalah temukan dan bergabung dengan kelompok orang-orang yang pernah mengalami depresi. Anda akan merasa lebih nyaman saat mengetahui bahwa mereka memahami perasaan Anda. Yang lebih penting lagi, mereka bisa berbagi teknik yang mereka gunakan dalam memulihkan diri. Mintalah bantuan dokter untuk menemukan kelompok pendukung di area Anda. (IK/OL-08)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar